Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Dan Para Peternak

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan hewan peliharaan dan cara perawatan yang mungkin Anda butuhkan, Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Dan Para Peternak.

Cara Berternak Lovebird – Budidaya atau ternak burung lovebird semakin marak, hal itu dikarenakan setiap harinya orang yang berniat membeli burung cantik tersebut sehingga permintaannya pun juga semakin meningkat.

Sudah banyak masyarakat yang mencoba membudidayakan burung lovebird karena sangat menguntungkan sekali. Burung lovebird merupakan burung yang sangat digemari oleh banyak orang dan selalu menjadi primadona hal itu dikarenakan burung kicau ini memiliki suara gacoran yang sangat merdu sekali. Selain itu warna bulunya pun juga cukup menarik perhatian.

Budidaya burung lovebird dianggap sangat menjanjikan karena saat ini permintaan dari burung berwarna cantik tersebut semakin meningkat dan tidak hanya di kota-kota besar saja namun kini sudah mulai merambah di pedesaan. Buat kamu yang ingin beternak burung lovebird tentunya harus mempersiapkan berbagai hal.

Ternak lovebird memang susah-susah gampang bagi yang sudah berpengalaman tentunya bukan hal yang sulit karena apabila caranya tepat maka hasilnya sangat memuaskan. Namun bagi pemula hal ini tentu bukan perkara mudah karena kita harus mempersiapkan berbagai hal mulai dari pakan yang tepat, kandang selalu bersih dan masih banyak lagi.

Baca juga : Harga Burung Lovebird Terbaru Semua Jenis

Sejatinya burung lovebird ini merupakan salah satu hewan yang setia terhadap pasangan namun setelah di ternak maka anda bisa saja membuat burung ini bersifat poligami alias memiliki banyak pasangan. Burung lovebird merupakan hewan endemik Afrika yang kemudian mulai menyebar ke berbagai daerah di seluruh dunia termasuk Indonesia, untuk bisa sukses beternak burung lovebird di tanah airnya tentunya kamu harus memperhatikan beberapa faktor apa sajakah itu berikut ulasan lengkapnya.

Memilih Bibit

Yang harus kamu perhatikan pertama kali adalah memilih 1 pasangan Lovebird namun menentukan antara burung lovebird betina dan jantan sangatlah sulit sehingga untuk membelinya kamu harus meminta bantuan kepada orang yang sudah berpengalaman.

  • Biasanya ukuran kepala betina sedikit lebih kecil.
  • Betina memiliki tulang panggul yang lebih lebar karena untuk bertelur.
  • Pada saat mereka bertengger. Kaki milik Lovebird betina akan sedikit renggang daripada pejantan.
  • Jangan tertipu dengan Lovebird yang berpasangan. Dengan kata lain, ada banyak Lovebird yang berpasangan sesama jenis.
  • Bentuk tubuh dari Lovebird betina lebih bulat dan terasa berisi.
  • Betina memiliki suara kekek yang lebih panjang.

Usia Produktif

Setelah kamu memilih satu pasangan yang tepat langkah berikutnya yaitu harus bisa mengetahui masa produktif burung tersebut, usia produktif bagi Lovebird betina yaitu jika sudah berusia delapan bulan sedangkan usia produktif untuk yang jantan berusia satu tahun.

Menentukan Tujuan Breeding

Jika ingin menghasilkan Lovebird yang bersuara bagus, sebaiknya memilih betina yang memiliki suara bagus. Namun apabila menginginkan warna yang bagus, sebaiknya juga mengawinkan antara pejantan dengan beberapa betina. Anda bisa melakukannya dengan metode poligami seperti satu pejantan dikawinkan dengan banyak betina.

Sangkar Lovebird

Ada banyak teknik yang dilakukan oleh para peternak burung lovebird profesional mulai dari menangkar dengan cara menyatukan dengan beberapa saat pasangan namun ada juga yang memilih 1 pasangan dalam satu sangkar saja. Hal itu bertujuan supaya cepat berkembang biak dalam sangkar tersebut sebaiknya selalu kamu isi dengan beberapa ranting daun kering dan lain sebagainya yang nanti akan digunakan sebagai tempat bertelur.

Ssangkar lovebird kira-kira ukurannya antara 40 x 40 x 40 / 50 x 50 x 50 cm. Jangan lupa untuk memberikan tempat bertelur (sarang). Bisa dibuat dari kotak yang berukuran 20 x 25 x 25 cm.

Mengawinkan Lovebird

Untuk mengawinkan sepasang lovebird bukanlah hal perkara yang sulit. Cukup kamu taruh dalam satu sangkar selama beberapa hari hasilnya bisa diketahui apabila betina memiliki ciri-ciri membuat sarang dengan mengumpulkan daun dan ranting jika sudah bertelur maka induk akan mengeram selama 22 sampai 25 hari

Merawat Anakan

Apabila anakan lovebird sudah menetas maka langkah yang kamu harus lakukan yaitu dengan memberi makan anakan tersebut dengan membelinya di toko. Namun apabila sulit mendapatkannya kamu juga bisa memberikan makan anakan lovebird tersebut menggunakan bubur bayi.

Source:

harga segala jenis burung lovebird 2017,hrg burung lakbet,harga burung jenggotan sumatra gacor,cara peternak burung lovebird di jawa,dimana jual anakan ayam bekisar,ternak love bird dan ayam,cara ternak lovebird di daerah perkotaan,cara ternak love bird profesional,cara ternak burung dalrrin com,cara pertama kali ternak burung love bird

Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Dan Para Peternak | hargacara | 4.5