Cara Merawat Burung Pleci Agar Mudah Gacor / Kicau

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan hewan peliharaan dan cara perawatan yang mungkin Anda butuhkan, Cara Merawat Burung Pleci Agar Mudah Gacor / Kicau.

Perawatan Pleci – Salah satu burung yang sangat digemari oleh para kicau mania yaitu burung pleci. Buat merawat burung ini memang tergolong sangat sulit karena supaya bisa menjaga gacoran suaranya kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti perawatan, pemberian makan, pemberian makanan tambahan dan lain sebagainya.

Banyak yang bilang kalau burung pleci ini juga dikenal dengan nama burung kacamata, hal itu dikarenakan pleci memiliki bentuk mata hitam dengan terdapat lingkaran berwarna putih sehingga mirip seperti kacamata.

Saat ini sudah banyak yang mencoba beternak burung pleci karena memiliki keuntungan yang cukup besar, apalagi jika sudah sampai gacor dan juara maka harganya bisa melambung tinggi. Berikut beberapa syarat supaya burung pleci gacor :

Pemilihan bibit
Yang pertama adalah pilih bibit unggul di mana apabila bibit tersebut berasal dari indukan yang baik maka saat dewasa nanti gacoran suaranya pun juga tidak kalah dibandingkan dengan indukannya.

Perawatan
Kemudian dari segi perawatan burung pleci tidak boleh sembarangan apalagi pleci yang akan digunakan untuk perlombaan harus selalu mendapat perawatan yang ekstra seperti memberi vitamin dan mineral yang cukup, pemberian makan tidak boleh telat dan harus dijemur saat pagi hari.

  • Perawatan harian dimulai pagi hari sekitar pukul 07.00, di gantang terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah itu burung dimandikan dengan disemprot.
  • Setelah dimandikan, selanjutnya jemur selama kurang lebih 2 hingga 3 jam sambil diberikan makanan jangkrik misalnya 3-4 ekor.
  • Setelah menjemur, tempatkan di tempat yang teduh untuk diangin-anginkan selama kurang lebih 1/2 jam.
  • Masukkan burung dan dengarkan suara master.
  • Kembali angin-anginkan burung sekitar pukul 16.00 selama setengah jam.
  • Lanjutkan dengan memandikan burung.
  • Setelah burung dimandikan, burung kembali di-gantang dan dijemur selama kurang lebih 1 jam sambil diberi makanan kroto atau ulat kandang.

Vitamin dan Mineral
Pemberian vitamin dan mineral sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh burung tersebut.

Salah satu cara meracik sarat vitamin dan mineral untuk Burung Pleci:

Bahan-bahan:

1. Susu bubuk dancow satu bungkus
2. Biskuit roma kelapa satu bungkus
3. Wedang jahe satu bungkus
4. Takari satu bungkus
5. Tepung bubuk jangkrik satu ons
6. Bubuk fumayin setengah ons

Cara:
Campuran semua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Lalu berikan burung Pleci makanan racikan yang baru saja dibuat 1 sdm (sendok makan) per hari.

Baca juga : Cara Beternak Pleci untuk Pemula

Tips Agar Pleci Gacor
Mengingat burung pleci adalah jenis burung koloni yang sangat suka berkumpul dengan sejenisnya, Anda juga bisa memancing agar burung ini bisa terus gacor dengan menempatkan burung yang sudah lebih dulu ngerol. Cara ini terbukti efektif untuk memancing agar burung yang sedang Anda latih mau bersuara.

Cara lain yaitu dengan menggantung burung ini di tempat yang tinggi dan Anda bisa memindah-mindahkan tempatnya secara dinamis setiap hari agar burung tidak bosan.

Demikianlah tadi informasi tentang bagaimana cara merawat dan melatih burung pleci mulai dari anakan sampai dewasa. Buat anda yang masih pemula jika ingin mendapat pelatihan cara beternak pleci yang tepat sebaiknya ikut saja komunitas dari burung tersebut maka nanti akan mendapat arahan serta pengetahuan yang lebih luas.

Source:

apa bisa burung pleci yang suda gacor dimaterin,harga burung cangkurileung hijau,perawatan pleci dewasa,tepung jangkrik bikin burung sikatan gacor

Cara Merawat Burung Pleci Agar Mudah Gacor / Kicau | hargacara | 4.5
KLIK (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGACARA.COM

×