Tips Dan Cara Merawat Ciblek Biar Mudah Gacor

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan hewan peliharaan dan cara perawatan yang mungkin Anda butuhkan, Tips Dan Cara Merawat Ciblek Biar Mudah Gacor.

Burung Ciblek – tergolong burung kicau yang mudah dirawat, hal itulah yang membuat ciblek menjadi salah satu andalan bagi para breder ataupun ikut dalam perlombaan. Burung ciblek sendiri bisa diperoleh melalui penangkar atau bisa juga ditangkap dari alam liar namun kedua cara tersebut tentu saja berbeda dalam melakukan perawatan.

Untuk ciblek hasil tangkapan hutan sudah pasti membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa menjinakkannya, selain itu proses dalam melatih gacorannya pun juga lebih sulit. Berbeda dengan ciblek hasil penangkaran yang tentu saja sudah jinak dan juga mudah dilatih karena sudah sering bertemu dengan manusia.

Suara Burung Ciblek

Ciri-ciri dari burung ciblek sendiri bisa kita ketahui dari suaranya yang justru mirip seperti anak ayam. Burung yang satu ini juga termasuk hewan petarung dan teritorial di alam liarnya. Namun demikian apabila dirawat dan dilatih dengan baik suara gacoran dari burung ciblek bisa sangat merdu dan keras atau ngebren.

Tips Merawat Burung Ciblek

Jika kalian ingin memelihara burung ciblek saya sarankan lebih baik membeli dari yang berasal dari penangkaran. Hal itu dimaksudkan supaya lebih mudah dalam perawatan, sedangkan jika anda membeli dari hasil berburu meskipun lebih murah namun secara perawatan jelas lebih sulit karena membutuhkan adaptasi yag lebih lama. Burung ciblek yang berkualitas adalah bentuk tubuh sehat atau tanpa cacat sama sekali.

Selain itu burung ciblek juga termasuk hewan yang aktif jadi anda bisa memandikan dengan cara disemprot setiap pagi hari.

Baca juga: Harga Burung Ciblek Terbaru

Perawatan Harian Ciblek Gacor

  1. Kandang setidaknya harus dibersihkan setiap hari, terutama untuk menjaga kesehatannya.
  2. Setiap pagi sekitar pukul 6.00 atau 06.30, buka kerodong burung dan keluarkan dari sangkarnya.
  3. Sebelum burung dimandikan, semprot burung beberapa kali, baru kemudian mandikan. Untuk memandikan burung ini, bisa menggunakan cepuk yang disediakan di dalam sangkar.
  4. Setelah itu, angin-anginkan burung sebentar sekitar beberapa saat hingga burung kering.
  5. Ganti air burung apabila tanpak kotor dan isilah apabila sudah jauh berkurang.
  6. Sebagai makanan, burung ciblek ini suka binatang kecil seperti belalang, jangkrik. Berikan dua ekor jangkrik di pagi hari dan 2 ekor jangkrik di sore hari.
  7. Sedangkan untuk pemberian pakan extra berupa kroto, Anda bisa memberikan burung tersebut 2 kali dalam seminggu atau maksimal 3 kali dalam seminggu.
  8. Lalu, bila anda ingin memberikan kroto setiap hari, ada baiknya diberikan tidak terlalu banyak, misalnya 1 sdt (sendok teh) saja.
  9. Makanan pokok burung ini adalah Voer. Voer sebaiknya dicampurkan dengan susu bubuk yang dilembutkan.
  10. Pada saat petang, Anda bisa mengkrodong burung ciblek ini untuk diistirahatkan secara total hingga pagi.
  11. Beberapa peternak burung menyarankan untuk tidak menjemur burung bila akan diikutkan lomba. Pemberian extra food berupa kroto dan jangkrik tetap seperti biasa. Tambahkan juga multivitamin herbal.

Demikian tadi informasi tentang cara merawat burung ciblek dan juga cara melatih supaya memiliki gacoran yang ngebren. Burung ciblek memang belum populer seperti kenari ataupun cucak ijo sehingga jangan heran kalau harga dari burung ini tergolong murah ketimbang burung kicau pada umumnya.

Source:

harga anis merah teler,gelatik gacor harga,bisakah ciblek jantan dan betina dlm satu sangkar,burung lovebird move,cara melatih jantan suara betina ciblek,burung hijau dari maluku,ciblek adaptasi,ciblek gacor,Ciblek suara anak ayam,perawatan burung ciblek

Tips Dan Cara Merawat Ciblek Biar Mudah Gacor | hargacara | 4.5
KLIK (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGACARA.COM

×