Cara Berternak Burung Pleci Untuk Pemula

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan hewan peliharaan dan cara perawatan yang mungkin Anda butuhkan, Cara Berternak Burung Pleci Untuk Pemula.

Ternak Burung Pleci – Bagi sebagian orang peternak burung kicau bukanlah perkara yang mudah karena memerlukan kesabaran ekstra dan juga perawatan yang baik, namun bagi yang sudah berpengalaman tentunya hal ini bukan menjadi kesulitan Itulah sebabnya saat ini banyak orang memilih beternak burung kicau untuk perlombaan karena sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang panjang, salah satu jenis burung yang sering dibudidayakan oleh para pecinta Kicau Mania di Indonesia yaitu burung pleci.

Selain karena permintaan yang masih cukup tinggi harga dari burung pleci juga lumayan stabil karena jarang sekali turun drastis namun juga tidak terlalu sering mengalami kenaikan. Nah untuk menjadi seseorang yang ahli dalam ternak pleci ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

Kandang atau Sangkar

Yang pertama kamu harus mempersiapkan sangkar untuk satu pasang burung pleci ukuran sangkar tidak perlu terlalu besar. Namun apabila kamu memiliki tempat atau lahan yang cukup luas bisa juga memanfaatkan kandang jenis Solitaire dimana kandang tersebut bisa menampung banyak burung pleci sekaligus hal itu bertujuan supaya burung diperlakukan seperti di alam liar.

Memilih Indukan

Salah satu kiat sukses dalam memelihara atau beternak burung pleci yaitu memilih indukan yang berkualitas, hal itu tentunya sangat berkaitan sekali dengan anakan yang nanti akan dihasilkan semakin bagus indukan maka semakin berkualitas pula anakannya nanti.

Berikut syarat memilih indukan yang berkualitas :

a) Induk jantan dan betina sebaiknya berasal dari spesies yang sama atau sub spesies yang sama.

b) Pilihlah induk jantan dan betina yang tidak cacat, baik itu bulunya, maupun cacat secara fisik.
c) Induk jantan sebaiknya sudah berbunyi. Sudah membuka paruh akan lebih baik.
d) Usia burung untuk jantan minimal 1 tahun dan betina minimal 1.5 tahun.

Baca juga : Harga Burung Pleci Semua Jenis Terbaru

Penjodohan

Setelah memilih indukan maka langkah berikutnya yaitu melakukan perjodohan dengan pejantan, untuk perjodohan kamu bisa membaca referensi di Google atau bisa juga bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman.

Pakan

Langkah berikutnya yang tidak kalah penting yaitu faktor pakan untuk menghasilkan burung pleci yang berkualitas maka pakan harus berkualitas pula, berikan pakan yang memiliki vitamin dan mineral tinggi seperti jangkrik, ulat Hongkong, kroto, cacing tanah dan bisa juga menambahkan makanan ekstra.

Setelah bertelur

Burung pleci betina bertelur sebaiknya jangan terlalu kamu lihat supaya seinduk merasa tenang, setelah mengerami selama dua pekan maka anakan tersebut akan menetas dan sebaiknya selalu perhatikan kebersihan letak ketenangan kandang si induk.

Merawat Anak

Nah ini dia hasil jerih payah yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peternak burung pleci yaitu menetasnya anakan. Anakan biasanya akan tetap diasuh oleh induk hingga beberapa hari dan selama proses tersebut anda harus mempersiapkan berbagai keperluan.

Seperti pemberian makan tidak boleh terlambat yang tentu saja memiliki vitamin tinggi, namun anda juga bisa memelihara anakan tersebut tanpa indukan hanya saja caranya harus ekstra berhati-hati terutama saat pemberian makan atau meloloh jangan sampai makanan tersebut berceceran ke bagian lain supaya tidak menimbulkan kuman dan juga mengundang semua.

Source:

cara ternak pleci di sangkar gantung,cara ternak pleci,cara ternak burung pleci,Ternak pleci,cara ternak burung,cara ternak peleci,ternak burung,ternak pleci di kandang gantung,ternak pleci di sangkar,burung pleci liar

Cara Berternak Burung Pleci Untuk Pemula | hargacara | 4.5