Cara Berternak Kenari Lengkap Panduan Untuk Pemula

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan hewan peliharaan dan cara perawatan yang mungkin Anda butuhkan, Cara Berternak Kenari Lengkap Panduan Untuk Pemula.

Ternak Burung Kenari – Cara membudidayakan burung kenari dan merawat jenis burung yang satu ini memang cukup mudah, tidak mengherankan kalau sekarang menjadi incaran bagi para peternak, namun sebagian orang menganggap ternak burung kenari bisa dikatakan tergolong susah-susah gampang.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan orang-orang lebih memilih beternak burung kenari salah satunya yaitu harga burung ini tergolong sangat slabil karena jarang sekali mengalami penurunan drastis namun juga tidak pernah mengalami kenaikan yang lumayan tinggi. Selain itu penggemar burung kenari di Indonesia cukup banyak sehingga dimanfaatkan oleh para peternak untuk melakukan budidaya.

Beberapa ciri-ciri burung kenari yang diunggulkan:

  1. Burung kenari termasuk jenis burung yang sangat mudah beradaptasi, burung ini mampu menyesuaikan diri pada pergantian atau kondisi lingkungan.
  2. Burung kenari adalah burung tipe penyanyi dan petarung. Burung ini sangat mudah gacor.
  3. Burung kenari sangat mudah naik birahinya.

Dibandingkan dengan burung jenis lainnya perawatan burung kenari tergolong lebih mudah dan inilah salah satu alasan mengapa orang banyak memilih ternak burung kenari bentuk tubuhnya yang mungil serta pemberian makan yang tidak terlalu sulit tentunya para peternak yang masih awam sekalipun bisa melakukan, buat anda yang berkeinginan melakukan budidaya burung kenari berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Membedakan Jenis Kelamin

Untuk permulaan Anda harus bisa membedakan antara burung kenari jantan dan betina, cara yang paling mudah membedakan kelamin burung kenari yaitu untuk jenis jantan yang berusia 1 bulan biasanya sudah bisa berkicau sedangkan yang betina terlalu pendiam. Selain itu dari segi bentuk tubuh burung kenari betina memiliki bentuk membulat hal itu biasanya merupakan perubahan yang dialami persiapkan diri untuk bertelur pada saat dewasa.

Masa Kawin

Untuk mengawinkan burung kenari Anda harus mengetahui berapa usia dari burung tersebut, biasanya yang berkelamin jantan sudah siap dikawinkan pada saat usia 8 bulan sedangkan yang betina memiliki usia 6 bulan.

Sangkar

Setelah memilih calon Pasangan yang tepat langkah selanjutnya yaitu memilih sangkar atau kandang untuk kandang burung kenari sebaiknya jangan berukuran terlalu kecil supaya burung tersebut tidak mudah stres, selain itu kanker harus diletakkan di samping tembok yang tidak mudah goyang tempatkan sangkar di tempat yang tinggi supaya tidak mudah dijangkau oleh hewan pemangsa seperti kucing atau tikus.

Perjodohan

Untuk melakukan Perjodohan antara burung kenari jantan dan betina harus memerlukan beberapa teknik. Misalnya saja burung jantan dan betina ditaruh di sangkar yang berdekatan supaya bisa berkenalan lebih jauh dan jika sudah maka taruh dalam satu sangkar yang sama hingga beberapa hari.

Baca juga : Harga Burung Kenari Lokal dan Import Terbaru

Pengeraman

Apabila burung betina tersebut sudah mulai bertelur maka dalam beberapa hari langsung di erami dalam jangka waktu 12 sampai 15 hari lamanya, untuk memberikan kenyamanan bagi induk kamu bisa menambahkan lampu 5 watt untuk memberikan kehangatan dalam sangkar.

Kesehatan

Yang tidak boleh luput dalam proses ternak kenari yaitu selalu perhatikan kesehatan selalu cek kesehatan burung kenari setiap hari dan jangan sampai stress. Jika sudah stress maka burung kenari akan sulit berkicau kembali seperti sebelumnya

Source:

cara ternak kenari,beternak kenari,cara ternak burung kenari,ternak burung kenari

Cara Berternak Kenari Lengkap Panduan Untuk Pemula | hargacara | 4.5
KLIK (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di HARGACARA.COM

×